Desember 8, 2022

Pada data spesifikasi produk mobil di brosur, atau membaca pemberitaan otomotif, kerap ditemukan istilah tenaga (power) dan torsi mobil. Apa sih sebenarnya arti dari istilah ini? 

Apa itu torsi mobil?

Apa itu torsi pada mobil? Secara harfiah, torsi mobil adalah gaya dorong yang bisa diproduksi oleh suatu mesin. 

Pada dasarnya karakter sebuah mesin mobil memang dirancang sedemikian rupa agar bisa mendapatkan kemampuan tertentu.

Ada mesin mobil yang fokus dengan akselerasi, tenaga, hingga ada jug amesin yang fokus pada efisiensi bahan bakar.

Mesin mobil yang mendadak mati ketika pedal gas dilepas, bisa jadi ada masalah dengan torsi yang tidak dihasilkan oleh pemanasan mobil. 

Komponen yang bisa saja rusak seperti pompa bahan bakar, komponen pengapian, hingga vakum bocor dan supply bahan bakar yang buruk. Dengan begitu, tenaga di dalam mobil bisa dihasilkan dari torsi yang dilakukan putaran mesin. 

Ketika putaran mesin semakin cepat maka tenaga mobil pasti semakin meningkat secara otomatis. Namun, ketika mesin mobil tidak berfungsi baik tentu saja akan menghambat torsi untuk melaju.

Sederhananya, arti torsi pada mobil adalah suatu gerakan berupa dorongan yang terjadi antara piston dan poros engkol. 

Jika terjadi dorongan pada kedua bagian tersebut, maka akan menghasilkan suatu perputaran gerakan atau torsi. Gerakan ini sering terjadi pada mobil sehingga kendaraan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

Fungsi torsi pada mobil

Pada prinsipnya, fungsi torsi adalah sebagai daya dorong agar mobil mendapat akselerasi yang baik. 

Biasanya, torsi ditransfer ke bagian roda yang kemudian ditransmisikan oleh perseneling pada susunan gigi mobil, untuk diatur dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Torsi berhubungan dengan putaran mesin yang menghasilkan tenaga pada unit kendaraan. Saat putaran mesin semakin cepat maka tenaga mobil akan semakin meningkat secara otomatis sehingga akselerasinya semakin meningkat. 

Begitu pun sebaliknya. Sebagai daya dorong yang untuk menghasilkan tenaga mesin, torsi sangat berpengaruh pada kinerja mobil.

Jadi ketika mesin mobil tidak bekerja maksimal dan mobil hilang tenaga saat digas atau gas ditekan, artinya daya dorong mengalami masalah atau tidak cukup pemanasan untuk mendorong mobil. Kondisi ini mengharuskan kamu untuk meningkatkan torsi.

Perbedaan torsi dan tenaga

Pada dasarnya, torsi dan tenaga tidak bisa dipisahkan. Semakin besar tenaga yang dimiliki oleh sebuah mobil, maka waktu akselerasi untuk mencapai titik maksimum menjadi lebih singkat.

Walaupun sebenarnya nilai torsi bisa diubah oleh girboks karena didasari juga oleh hitungan gigi rasio. Berbeda dengan tenaga yang benar-benar 100% diambil dari kinerja mesin.

Meski begitu, torsi dan tenaga tetaplah berbeda. Simak perbedaan di antara keduanya dalam penjelasan berikut.

1. Perbedaan akselerasi dan kecepatan

Torsi merupakan momen putar atau gaya yang dihasilkan mesin, biasanya untuk akselerasi. Sedangkan power (tenaga) itu terkait dengan putaran mesin, biasanya untuk kecepatan.

Di dalam setiap mobil pasti terdapat mesin yang bekerja apabila kendaraan dalam kondisi menyala. Adanya dorongan yang diberikan oleh mesin itulah dinamakan sebagai torsi.

Sementara kecepatan yang dihasilkan oleh dorongan tadi itulah biasa disebut dengan tenaga. Kecepatan tersebut dipengaruhi oleh seberapa panjang ganggang pada mesin. 

Jika semakin panjang ukuran ganggang, tenaga yang dibutuhkan juga semakin kecil.

Sederhananya, power (tenaga) adalah energi yang dikeluarkan mesin mobil untuk mencapai top speed (kecepatan tertinggi). Sementara torsi adalah energi yang dikeluarkan mesin, dari kondisi mobil diam sampai kendaraan bergerak.

Adapun terkait dengan kinerja keduanya, sama-sama bisa dipengaruhi transmisi mobil. Apabila kamu menggunakan mobil dengan transmisi otomatis seperti CVT maka pengaturan gigi rasio bisa terjadi secara konstan.

2. Perbedaan dalam rumus pencarian

Tidak jarang ilmu tentang kendaraan ini dijadikan sebagai bahan materi pembelajaran. Dijelaskan juga bahwa adanya perbedaan rumus pencarian dalam mencari torsi dan tenaga. 

Rumus untuk mencari torsi pada mobil adalah dihasilkan dari proses perkalian antara gaya dan jarak. Lebih jelasnya adalah sejauh mana jarak yang bisa ditempuh dengan gaya dapat dihasilkan untuk melakukan suatu dorongan.

Sedangkan rumus untuk mencari sebuah daya atau tenaga didapat dari hasil perkalian antara torsi dengan rpm. Artinya, ketika sedang melakukan sebuah gaya, maka akan menghasilkan nilai tertentu. 

Nilai inilah yang dinamakan sebagai kecepatan, sehingga secara sederhana kedua hal ini sangat berkaitan. Semakin cepat torsi yang dihasilkan dan menggunakan gaya sama, maka besar pula hasil dayanya.

Jadi, apabila kamu memiliki mobil dengan kecepatan torsi yang besar, maka ketika melaju di jalanan akan lebih cepat dibandingkan dengan kendaraan yang lain. 

Oleh sebab itu, hal ini sangat penting sekali untuk kamu ketahui sebagai pemilik mobil.

3. Perbedaan besaran torsi dan tenaga di setiap mobil

Besaran torsi dan tenaga di setiap mobil pasti berbeda. Jika kamu ingin membeli sebuah mobil balap maka kendaraan tersebut sangat membutuhkan tenaga besar agar kecepatan yang dihasilkan juga tinggi.

Apabila kamu ingin membeli sebuah mobil komersial, kendaraan tersebut sangat memerlukan torsi yang besar. Hal tersebut dikarenakan mobil komersial pasti akan membawa muatan yang tidak sedikit.

4. Perbedaan hasil yang didapat

Nilai dari sebuah putaran atau torsi itu bisa diubah dengan menggunakan sebuah alat bernama girboks. Jadi, nilai dari torsi bisa semakin naik apabila dipengaruhi dengan gigi rasio.

Akan tetapi tenaga torsi tersebut tidak bisa dimanipulasi oleh apa pun. Jadi, kecepatan dari torsi itu sangat bergantung dari dorongan yang dihasilkan oleh mesin. 

Lebih mudahnya seperti ini, ada sebuah kendaraan memiliki nilai torsi sebesar 50 pound feet dan gigi rasio sebesar 3,0.

Maka torsi yang dihasilkan adalah tinggal dikalikan saja dan hasilnya adalah 150 pound. Akan tetapi angka tersebut masih bisa dimanipulasi, sehingga hasilnya mungkin saja mencapai tiga kali lipat lebih dari semula.

Mengapa mobil listrik punya torsi yang besar?

Di atas kertas, mobil listrik punya spesifikasi torsi yang cukup besar bahkan bisa melebihi mesin turbo. Hal itu karena konstruksi powertrain yang dimiliki mobil listrik punya perbedaan dengan mobil internal combustion engine (ICE).

Di mobil listrik, motor listrik langsung terhubung ke roda penggerak melalui drive shaft sehingga tenaga listrik dari baterai lewat inverter yang dialirkan langsung menggerakkan roda penggerak.

Sementara di sisi lain tenaga listrik punya output tenaga yang instan nyaris tanpa jeda sehingga tenaga yang didapat roda penggerak setara dengan tenaga listrik yang dihasilkan inverter dari baterai. 

Hal ini berbeda dengan mobil yang ada transmisi, penyaluran tenaga terbagi dan terdapat loss power. Itulah sebabnya bukan hal yang mengagetkan jika torsi mobil listrik cukup besar bahkan bisa melewati mesin turbo.

Pentingnya asuransi mobil

Mengetahui seluk-beluk mobil memang jadi hal penting ketika kamu memiliki mobil. Tujuannya adalah, jika ada kerusakan, kamu juga tidak terlalu bingung, meskipun pada akhirnya perbaikan dilakukan oleh bengkel.

Hal yang tidak kalah penting dilakukan untuk melindungi mobil kesayanganmu adalah dengan memiliki asuransi. 

Kenapa penting? Karena tentunya hal seperti kecelakaan dan kehilangan kendaraan itu terkadang tidak terhindarkan.

Asuransi mobil all risk dapat memberikan pertanggungan jika mobil kecelakaan atau bahkan hilang. Hampir semua jenis kerusakannya akan ditanggung, baik yang kecil maupun besar. 

Asuransi ini diperuntukkan bagi kamu yang punya kendaraan dengan usia maksimal 10 tahun. Masih bingung pilih asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan? Simak video berikut ini yuk!

Lifepal adalah marketplace asuransi yang menyediakan berbagai asuransi sesuai kebutuhanmu. Ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan tentunya juga asuransi kendaraan. 

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa didapatkan, antara asuransi mobil all risk atau TLO atau Total Loss Only. Ikuti kuis asuransi mobil terbaik berikut ini untuk mengetahui jenis asuransi yang paling sesuai denganmu.

Pertanyaan seputar torsi mobil

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.