Desember 4, 2022

Dalam berbisnis, pembeli jadi salah satu aspek penting yang perlu kita perhatikan. Tentu saja, ketika berjualan sehari-hari, mungkin Anda sering menjumpai beragam tipe customer. Ada yang lebih suka membeli di toko offline langsung, ada yang suka mencari diskon, ada customer loyal, adapula yang kritis.

Namun, apabila sedang kurang beruntung, ada juga customer palsu yang sebenarnya adalah oknum penipu! Wah … kalau bertemu customer seperti ini, Anda wajib berhati-hati!

Tipe penipu berkedok customer seperti ini biasanya melakukan berbagai cara untuk bisa mendapatkan keuntungan pribadi. Misalnya, mengaku sudah bayar padahal belum, meminta refund padahal tidak beli apa-apa, meminta menyelesaikan transaksi di luar website toko online GoStore dan sebagainya.

Nah, agar tidak masuk ke dalam perangkap penipu berkedok customer  tersebut, yuk lebih teliti dalam membedakan mana customer asli, mana customer palsu.

Untuk itu, kami mengajak para pemilik bisnis seperti Anda untuk mengenali contoh modus penipuan berkedok customer agar Anda bisa lebih aan dan nyaman dalam menjalankan transaksi bisnis.

3 Contoh Modus Penipuan Berkedok Customer

1. Minta transfer langsung ke rekening Anda

“Min, share nomor rekening dong. Saya langsung transfer uangnya ke rekening aja, ya.” 

Modus seperti ini mungkin tidak terlihat seperti penipuan karena pembeli bermaksud untuk mentransfer sejumlah uang pembelian langsung ke rekening penjual. Namun, cara ini bisa memberi kesempatan bagi oknum untuk memalsukan bukti pembayaran, lho.  

Apabila pemilik usaha tidak teliti, customer dapat berbuat kecurangan dengan  menunjukkan bukti pembayaran palsu, baik itu lewat mobile banking maupun transfer bank. Akan tetapi saat dicek, ternyata tidak ada pembayaran yang masuk ke rekening Anda. 

Ketika sudah mengirimkan bukti pembayaran palsu, hati-hati, “pembeli” tidak bertanggung jawab ini dapat bersikap pura-pura tidak mengerti, bersikeras bahwa mereka sudah membayar, lalu mendesak Anda untuk segera mengirimkan barang. 

Apa yang perlu Anda lakukan? Sebelum mengirim barang ke pembeli, pastikan Anda sudah terima pembayarannya terlebih dulu, ya.

2. Mengajukan pembayaran DP/cicilan 

“Min, bisa bayar DP dulu? Sisanya saya bayar saat barang sampai.” 

Mungkin kebanyakan penjual akan berpikir jika wajar customer mengajukan opsi seperti ini untuk menghindari penipuan dari pihak seller

Namun, bagaimana jika setelah menerima barang, konsumen malah kabur dan tidak melanjutkan pembayaran? Jika bisnis Anda tidak menyediakan opsi pembayaran dengan sistem down payment (DP) atau cicilan, hindari risiko yang membuat bisnis Anda merugi. 

Pembayaran melalui GoStore hanya satu kali transaksi dan tidak ada opsi DP/cicilan. 

3. Minta COD, bayar tunai lewat kurir

“Min, nanti saya bayar COD lewat kurir, ya.” 

Perlu diketahui, GoStore tidak pernah menyediakan opsi pembayaran COD melalui kurir. Modus penipuan seperti ini dapat menguntungkan pihak customer yang pada akhirnya tidak jadi bayar. Karena GoStore bekerja sama dengan ekspedisi yang jujur dan tepercaya, maka kurir kami tidak akan meminta atau menerima pembayaran dalam bentuk apa pun.

 


 

Bagaimana Keamanan Sistem
Pembayaran
GoStore?

[Asset] JAGA GoStore for KV Blog development

“Min, ini pembayaran lewat GoStore beneran aman kan, yah?”

Pernah menjumpai customer yang masih meragukan keamanan sistem pembayaran di GoStore? Tak perlu khawatir, cukup beri penjelasan bahwa pembelian produk melalui website toko online GoStore memang hanya bisa diproses jika customer tersebut melakukan transaksi via GoStore. 

Agar jualan lebih aman dan bebas dari penipuan GoStore juga selalu menjamin keamanan transaksi customer.

GoStore menyediakan beragam metode pembayaran yang aman dan tepercaya, yaitu melalui debit atau kredit, GoPay, dan Transfer Bank (virtual account). 

Dengan begitu, apabila ada pembeli atau pihak-pihak tak bertanggung jawab yang menawarkan cara pembayaran di luar yang disediakan GoStore, wajib dicurigai, ya!

Perlu diingat juga bahwa pihak GoStore tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diakibatkan oleh customer palsu atau pihak tak bertanggung jawab lainnya. Yuk, lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang kerap terjadi.

Nah, sekarang Anda tak perlu ragu lagi untuk bertransaksi online di GoStore karena #GoStoreMenjaga keamanan transaksi toko online Anda. Untuk informasi lengkap seputar GoStore, klik di sini, ya!


Artikel ini bersumber dari blog.mokapos.com.