November 30, 2022

Belanja ke minimarket, seperti Indomaret maupun Alfamart memang banyak untungnya. Selain nyaman karena dilengkapi AC, harganya juga relatif terjangkau dan produknya juga cukup lengkap. Makanya enggak heran jika Indomaret maupun Alfamart selalu jadi andalan masyarakat, baik di kota maupun pedesaan.

Indomaret dan Alfamart tersebar merata hampir di seluruh kota-kota di Indonesia. Saya bilang hampir, karena di Sumatera Barat belum mengizinkan kehadiran Alfamart maupun Indomaret. Alasannya lantaran khawatir jika kedua toko retail itu akan mematikan keberadaan pedagang tradisional.

Indomaret dan Alfamart juga mudah ditemukan di Kabupaten Tegal, tempat di mana saya tinggal. 

Saya akui, harga barang di pedesaan lebih mahal sedikit dibanding di kota-kota besar. Saya berpikir mungkin saja ini disebabkan faktor biaya transportasi atau lainnya. Contohnya saja, waktu beli jajanan chiki harganya lebih mahal beberapa ribu, jika dibandingkan Alfamart atau Indomaret di Jabodetabek.

Kalau di kotamu, apakah harga produknya mahal juga atau lebih murah?

Hal ini memang enggak bisa saya hindarkan. Mungkin saja kebijakan manajemen setiap minimarket berbeda-beda di seluruh kota di Indonesia.

Meski begitu, kamu enggak perlu khawatir. Karena saya punya trik jitu cara belanja bulanan di Alfamart atau Indomaret biar lebih hemat dan menguntungkan.

Yuk simak ulasannya di bawah ini. Mau sambil ngopi atau menghabiskan camilan juga boleh kok.

1. Pilih Dompet Digital untuk Bertransaksi

Saya sering belanja ke Alfamart dan transaksinya menggunakan QRIS (QR Code Indonesian Standard). Saya bayar lewat aplikasi blu by BCA digital. Hampir sebagian besar Minimarket, seperti Alfamart maupun Indomaret sudah bisa bertransaksi secara digital. Kebetulan di tempat tinggal saya di desa ada Alfamart yang menerima pembayaran digital.


Asyiknya bayar pakai dompet digital, bisa dapetin cashback. Waktu itu saya dapat cashback sebesar 10 ribu. Lumayan kan. Daripada bayar pakai uang tunai, enggak dapat cashback. Cara ini jauh lebih hemat dibanding bayar pakai cash.

Beberapa dompet digital yang sudah familiar dan bisa dipakai transaksi lewat QRIS di antaranya adalah Gopay, OVO, LinkAja dan DANA. 

2. Manfaatkan Promo JSM

Apa itu Promo JSM?

Promo JSM atau diskon spesial yang selalu hadir pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Promo ini bisa ditemuin hampir di beberapa minimarket. Jenis promo yang biasanya berlaku, seperti misalnya beli 1 bonus 1, promo cashback atau beli 2 lebih murah.

Promo JSM ini cocok banget bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran saat belanja kebutuhan di minimarket. 

Saya pribadi biasa memantau promo JSM lewat aplikasi maupun media sosial. Cara ini lebih praktis, karena kita bisa memilih produk mana saja yang sedang ada diskon. Jadi ketika ingin belanja ke minimarket, saya sudah punya list belanjaan yang ingin dibeli dengan promo JSM.

3. Pakai Kartu Anggota Banyak Untungnya

Kebetulan saya punya kartu member Alfamart sudah cukup lama. Proses pembuatan kartunya juga mudah banget. Bisa registrasi pakai nomor ponsel atau KTP/SIM. Kalau di Alfamart, nama kartu membernya AKU Ponta.

Kartu Member Alfamart Banyak Untungnya


Sebelum menggunakan kartu member AKU Ponta, lakukan aktivasi dulu. Caranya juga mudah, cukup mengetikkan format berikut : “Aktif#Nama lengkap#Nomor pada  Kartu Ponta#Tanggal lahir#Kodepos#Jenis kelamin(L/P)#Status pernikahan (K/TK).”

Kirimkan ke beberapa nomor tujuan aktivitasi, yaitu 0811 64 69000, 0811 62 69000, 0888 81 69000, 0813 100 69000, 0858 110 69000, 0858 100 69000, 08558 810 69000 dan 0895 100 69000.

Benefit punya kartu member AKU Ponta bisa mendapatkan tambahan diskon untuk beberapa produk tertentu, bisa dapetin point reward yang bisa ditukerin dengan hadiah menarik atau produk gratis jika poinnya telah mencapai jumlah tertentu dan berkesampatan untuk ikutan undian berhadiah.

4. Beli Ukuran Besar Lebih Hemat

Saya pernah beli pasta gigi Pepsodent ukuran 225 gram seharga 18 ribu. Saya pikir, cara ini jauh lebih hemat, ketimbang saya beli pasta gigi yang ukurannya lebih kecil. Karena ukuran besar, bisa lebih awet, tapi dengan harga yang tidak berbeda jauh dengan yang ukurannya lebih kecil.

Secara finansial, pengeluaran saya jadi lebih besar. Namun, beli barang kebutuhan yang penggunaannya cepat habis, seperti shampoo, pasta gigi atau minyak goreng dalam ukuran lebih besar, justru jauh lebih hemat dan lebih awet masa pakainya.

Jadi, kalau memungkinkan, kenapa tidak beli yang ukurannya lebih besar, karena lebih awet pemakaiannya.

5. Minta Brosur Katalog Promo 

Jangan malu untuk minta brosur ke kasir, terutama saat kamu mau transaksi. Lewat brosur, kamu bisa melihat produk apa saja yang sedang promo atau diskon. Cara ini lebih efisien dan menghemat waktu daripada harus mencari satu per satu barang yang diskon di toko.

Siapa tahu saja ada produk inceran kamu yang sedang didiskon. Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran deh.

Nah itu tadi trik cara belanja biar lebih hemat dan menguntungkan yang bisa kamu coba terapkan. Be a smart buyer. Hal ini agar pengeluaranmu tidak cepat habis.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Artikel ini bersumber dari www.akubisnis.com.