November 26, 2022

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberian Kewarganegaraan Indonesia kepada dua pemain sepak bola Sandy Walsh dan Jordi Amat.
 
“Keppres sudah ditandatangani dan tinggal proses sumpah,” ujar Zainudin Amali di Jakarta, Rabu.
 
Keppres untuk Sandy bernomor 5/PWI tahun 2022, sementara untuk Jordi bernomor 6/PWI tahun 2022.


Nantinya, jika sudah mengucapkan sumpah sebagai WNI dan mendapatkan paspor, Sandy dan Jordi dapat dipanggil masuk Timnas Indonesia yang akan berlaga dalam Piala AFF 2022.
 
Pendaftaran terakhir pemain dalam jumlah besar, yakni maksimal 70 pemain, untuk Piala AFF 2022 adalah pada 20 November 2022.
 
“Kami berharap nanti bisa didaftarkan di Piala AFF,” kata Zainudin.
 
Meski demikian, Zainudin belum mengetahui kapan Sandy dan Jordi mengucapkan sumpah WNI.
 
Namun, pria kelahiran Gorontalo itu memastikan kedua pemain akan terlebih dahulu menjadi WNI dibandingkan Shayne Pattynama.
 
Shayne, pemain asal Belanda, baru menjalani rapat naturalisasinya di Komisi III DPR RI, Rabu (9/11).
 
“Saya kira Sandy dan Jordi akan lebih dahulu (menjadi WNI). Untuk Shayne, proses naturalisasinya bisa cepat kalau seluruh persyaratan administrasinya terpenuhi,” kata Zainudin.
 
Jordi Amat (30 tahun) dan Sandy Walsh (27 tahun) adalah bek yang masing-masing berasal dari Spanyol dan Belanda yang lama berkarier di Eropa.
 
Jordi pernah memperkuat tim-tim seperti Espanyol, Swansea City dan Real Betis, dan kini merumput di Liga Super Malaysia bersama tim Johor Darul Ta’zim.
 
Sementara Sandy Walsh yang tak pernah berkarier di luar Belgia saat ini merupakan bek kanan klub KV Mechelen di Liga Belgia.
 
Timnas Indonesia akan mengikuti pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 mulai 28 November 2022, namun PSSI belum memastikan lokasi TC, apakah di Jakarta atau Bali.
 
Piala AFF 2022 digelar mulai 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
 

(RIZ)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.